PERUBAHAN LINGKUNGAN MEDIA
Kehadiran Media : Merubah Pola Hidup Manusia
Penggunaan Media :
1.      Menurut Dizard (1997)
Rata-rata orang Amerika menghabiskan waktu 2700 jam pertahun menonton televisi atau mendengarkan radio. Dalam 337 hari mereka menghabiskan waktu + 8 jam sehari untuk hal tersebut. 800 jam lainnya diserap oleh media lain, seperti musik rekaman, buku, suratkabar, majalah dan internet.
2.      Menurut Hamlin (1995)
Waktu penggunaan media, yakni selama 3500 jam tersebut, merupakan waktu yang sangat banyak digunakan oleh individu dibandingkan untuk aktifitas lain, termasuk bekerja atau tidur.
Aktifitas :
Ø  Aktifitas yang paling banyak adalah aktifitas informasi, yaitu terkait dengan upaya memproduksi, memproses dan mendistribusikan informasi, contohnya mass media, telekomunikasi dan industri komputer
Ø  Mereka yang bekerja untuk mencari, mengolah, menyimpan, memproses atau mendistribusikan informasi adalah pekerja informasi.
Contohnya : Programmers, Produser TV, jurnalis, Public Relations, Advertising, Account Executive, Akuntan dan Sekretaris.
Dalam Era Informasi, Media-media yang tadinya terpisah berintegrasi menjadi satu kesatuan yang disebut Media Konvergensi.
Media Konvergensi :
Ø  Menurut Staubhaar dan La Rose (2000)
Konvergensi adalah integrasi dari media massa, komputer dan telekomunikasi menjadi sebuah kesatuan secara teknologis dan institusi mendasar.
Kesatuan secara teknologis adalah beberapa teknologi yang terpisah menjadi satu.
Contoh :
Ø  Telepon ,komputer dan teknologi internet
Ø  Ponsel Multimedia 
Ø  Surat kabar digital
Ø  Televisi multimedia
Ø  Radio Web
Institusi yang mendasar :
Media pokok dan utama dalam melakukan aktifitas, melaksanakan tugas, melayani kebutuhan. Media yang mau tidak mau harus digunakan untuk berkomunikasi dengan pihak lainnya.
Konvergensi menyebabkan perubahan lingkungan media, yaitu :
Ø  Konvergensi Teknologi
Ø  Konvergensi Industri
Ø  Perubahan Gaya Hidup
Ø  Perubahan Karir
Ø  Perubahan Peraturan
Ø  Pergeseran isu-isu sosial.
Konvergensi Teknologi :
Semua bentuk teknologi komunikasi dengan cepat berkonvergensi menjadi format yang dapat dibaca komputer (computer readable), yakni format digital. Misal, Musik dalam format CD (dulu harus dalam pita)
Konvergensi Industri :
Industri dalam bidang telepon, komputer, TV kabel, dan media melakukan merger dan bekerja sama untuk memperoleh keuntungan dalam persaingan media. Selain keuntungan finansial, juga sebagai upaya untuk mengontrol/menguasai masa depan media.
Contoh :
Keith Rupert Murdoch, beliau adalah Raja media pada Abad ini, memiliki beberapa media kelas dunia yang diantaranya sebagai berikut :
Ø  Sunday Times, Majalah porno Sun dan News of the World.
Ø  Koran New York Post, New York Times, Majalah Star dan The News Week
Ø  Associated Press (AP) & United Press International (LJPI) yang berpusat di AS.
Ø  Star TV di Asia
Ø  Twentieth Century Fox, Fox Network.

Perubahan Gaya Hidup :
Konvergensi merubah cara hidup individu. Konvergensi memperkenalkan pola hidup baru; jalinan hubungan sosial, identitas baru, budaya baru. Misalnya, Memesan buku lewat internet
Perubahan Karir :
Konvergensi merekonstruksi pemikiran, pandangan dan pendirian individu mengenai pekerjaan dan karir. Karir-karir baru bermunculan dan berkembang luas. Individu dapat memiliki beberapa karir sekaligus.
Karir Anda ?
Ø  Advertising
Ø  Jurnalis
Ø  PR
Ø  Mass Media
Ø  Programmer
Ø  Consultant
Ø  Web Designer
Ø  Enterpreneur.
Perubahan Peraturan:
Dihapuskannya UU yang memproteksi  bidang penyiaran, TV kabel, telepon dan perusahaan telekomunikasi dari kompetisi dengan perusahaan lain.
Pergeseran isu-isu sosial :
Ø  Bentuk baru kekerasan, rasisme dan seksisme (pornografi) baru
Ø  Keamanan kerja dalam industri informasi
Ø  Privasi dalam dunia komputerisasi
Ø  Kesenjangan antara mereka yang mampu mengakses teknologi dan yang tidak
Ø  Globalisasi informasi
Ø  Kritik terhadap media massa (konsumerisme & hedonisme meruak ke permukaan)