PANDANGAN ISLAM TERHADAP
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Kemajuan
sains dan teknologi telah memberikan kemudahan-kemudahan dan kesejahteraan bagi
kehidupan manusia. Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dua sosok yang
tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Ilmu adalah sumber teknologi yang mampu
memberikan kemungkinan munculnya berbagai penemuan rekayasa dan ide-ide. Adapun
teknologi adalah terapan atau aplikasi dari ilmu yang dapat ditunjukkan dalam
hasil nyata yang lebih canggih dan dapat mendorong manusia untuk berkembang
lebih maju lagi. Sebagai umat Islam kita harus menyadari bahwa dasar-dasar
filosofis untuk mengembangkan ilmu dan teknologi itu bisa dikaji dan digali
dalam Al-quran, sebab kitab suci ini banyak mengupas keterangan-keterangan
mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sebagai contoh
adalah firman Allah SWT dalam surat Al-Anbiya ayat 80 yg artinya “Telah kami
ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu guna memelihara diri dalam
peperanganmu”. Dari keterangan itu jelas sekali bahwa manusia dituntut
untuk berbuat sesuatu dengan sarana teknologi. Sehingga tidak mengherankan jika
abad ke-7 M telah banyak lahir pemikir Islam yang tangguh produktif dan
inovatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tetapi sangat
disayangkan bahwa kemajuan-kemajuan itu tidak sempat ditindaklanjuti dengan
sebaik-baiknya sehingga tanpa sadar umat Islam akhirnya melepaskan
kepeloporannya. Lalu bangsa Barat dengan mudah mengambil dan mentransfer ilmu
dan teknologi yang dimiliki dunia Islam dan dengan mudah pula mereka
membelenggu para pemikir Islam sehingga sampai saat ini bangsa Baratlah yang
menjadi pelopor dan pengendali ilmu pengetahuan dan teknologi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.
Teori Komunikasi Islam
Komunikasi Islam
merupakan bentuk frasa dan pemikiran yang baru muncul dalam penelitian akademik
sekitar tiga dekade belakangan ini. Munculnya pemikiran dan aktivisme
komunikasi Islam didasarkan pada kegagalan falsafah, paradigma dan pelaksanaan
komunikasi Barat yang lebih mengoptimalkan nilai-nilai pragmatis, materialistis
serta penggunaan media secara kapitalis. Kegagalan tersebut menimbulkan
implikasi negatif terutama terhadap komunitas Muslim di seluruh penjuru dunia
akibat perbedaan agama, budaya dan gaya hidup dari negara-negara (Barat) yang
menjadi produsen ilmu tersebut.
Ilmu komunikasi Islam yang hangat
diperbincangkan akhir-akhir ini terutama menyangkut teori dan prinsip-prinsip
komunikasi Islam, serta pendekatan Islam tentang komunikasi. Titik penting
munculnya aktivisme dan pemikiran mengenai komunikasi Islam ditandai dengan
terbitnya jurnal “Media, Culture and Society” pada bulan Januari 1993 di London.
Ini semakin menunjukkan jati diri komunikasi Islam yang tengah mendapat
perhatian dan sorotan masyarakat tidak saja di belahan negara berpenduduk
Muslim tetapi juga di negara-negara Barat. Isu-isu yang dikembangkan dalam
jurnal tersebut menyangkut Islam dan komunikasi yang meliputi perspektif Islam
terhadap media, pemanfaatan media massa pada era pascamodern, kedudukan dan
perjalanan media massa di negara Muslim serta perspektif politik terhadap Islam
dan komunikasi.
Komunikasi Islam
berfokus pada teori-teori komunikasi yang dikembangkan oleh para pemikir
Muslim. Tujuan akhirnya adalah menjadikan komunikasi Islam sebagai komunikasi
alternatif, terutama dalam menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang
bersesuaian dengan fitrah penciptaan manusia. Kesesuaian nilai-nilai komunikasi
dengan dimensi penciptaan fitrah kemanusiaan itu memberi manfaat terhadap
kesejahteraan manusia sejagat. Sehingga dalam perspektif ini, komunikasi Islam
merupakan proses penyampaian atau tukar menukar informasi yang menggunakan
prinsip dan kaedah komunikasi dalam Alquran. Komunikasi Islam dengan demikian
dapat didefenisikan sebagai proses penyampaian nilai-nilai Islam dari
komunikator kepada komunikan dengan menggunakan prinsip-prinsip komunikasi yang
sesuai dengan Alquran dan Hadis.
Dalam Islam, prinsip informasi bukan merupakan
hak eksklusif dan bahan komoditi yang bersifat value-free, tetapi ia memiliki
norma-norma, etika dan moral imperatif yang bertujuan sebagai service membangun
kualitas manusia secara paripurna. Jadi Islam meletakkan inspirasi tauhid
sebagai parameter pengembangan teori komunikasi dan informasi. Alquran
menyediakan seperangkat aturan dalam prinsip dan tata berkomunikasi.
Dalam masalah ketelitian
menerima informasi, Alquran misalnya memerintahkan untuk melakukan check and
recheck terhadap informasi yang diterima. Dalam surah al-Hujurat ayat 6
dikatakan: “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik
membawa suatu berita maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan
suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan
kamu menyesal atas perbuatanmu itu”.
2.2.
Pendidikan Islam
Proses pendidikan Islam merupakan
rangkaian usaha membimbing, mengarahkan, potensi hidup manusia yang berupa
kemampuan – kemampuan dasar dan kemampuan belajar, sehingga terjadilah perubahan
dalam kehidupan pribadinya sebagai makhluk individual, dan sosial serta dalam
hubungannya dengan alam sekitar dimana nilai- nilai Islam, yaitu nilai – nulai
yang melahirkan norma-norma syariah dan akhlak karimah.
Tujuan kependidikan Islam adalah merupakan penggambaran
nilai-nilai Islami yang hendak diwujudkan dalam pribadi manusia, dengan istilah
lain tujuan pendidikan Islam perwujudan nilai-nilai Islami dalam diri manusia
didik. Jadi kesanalah pendidikan Islam seharusnya diarahkan, agar pendidikan
Islam tidak hanyut terbawa arus modernisasi dan kemajuan IPTEK.
2.3.
Dampak Kemajuan IPTEK terhadap
Pendidikan Islam
Dampak sosial dari kemajuan
teknologi komunikasi tentu memiliki dampak yang positif yang biasa digunakan
atau dimanfaatkan untuk tujuan pendidikan. menurut Marwah Daud Ibrahim
memandang potensi perubahan sosial yang mendasar yang terjadi dalam masyarakat
sebagai akibat dari kemajuan teknologi dan komunikasi
Ø Pertama, dengan kemajuan teknologi
komunikasi kemungkinan orang bisa terbuka dan menerima perubahan yang baik.
Ø Kedua, dengan kemajuan teknologi
komunikasi diharapkan menumbuhkan semangat ukuwah Islamiyah dan solidaritas
sosial semakin meningkat.
Ø Ketiga, dengan kemajuan teknologi
komunikasi diharapkan setiap individu memiliki SDM yang berkualitas.
Dari gejala kemajuan teknologi komunikasi di atas,
pendidikan Islam mempunyai strategi untuk mengantisipasi perkembangan teknologi
komunikasi dengan jalan :
Ø Memotivasi kreativitas anak didik
dengan nilai – nilai Islam sebagai acuan
Ø Mendidik keterampilan, memanfaatkan
produk teknologi komunikasi bagi kesejahteraan hidup umat manusia.
Ø Menciptakan jariangan yang kuat
antara ajaran agama dan teknologi komunikasi.
Ø Menanamkan wawasan yang luas
terhadap kehidupan masa depan umat manusia melalui kemampuan
menginterprestasikan ajaran agama dari sumber-sumber ajaran yang murni dan
kontekstual dengan masa depan kehidupan manusia.
BAB III
KESIMPULAN
Membangun paradigma komunikasi Islam,
sesungguhnya tidak harus dimulai dari nol. Dasaran sintesisnya dapat
menggunakan teori-teori komunikasi konvensional (Barat), namun yang menjadi
Homework bagi para intelektual Muslim adalah membuat sintesis baru melalui
aspek methatheory yang meliputi epistemologi, ontologi dan perspektif.
Pembenahan pada aspek dimensi nilai dan etika harus dapat berkolaborasi dengan
ketauhidan dan tanggungjawab ukhrawi. Fungsi komunikasi Islam adalah untuk
mewujudkan persamaan makna, dengan demikian akan terjadi perubahan sikap atau
tingkah laku pada masyarakat Muslim. Sedangkan ultimate goal dari komunikasi
Islam adalah kebahagiaan hidup dunia dan akhirat yang titik tekannya pada aspek
komunikan bukan pada komunikator.
Peradaban modern
adalah hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang gemilang yang telah
dicapai oleh manusia setelah diadakan penelitian yang tekun dan eksperimen yang
mahal yang telah dilakukan selama berabad-abad. Maka sudah sepantasnya kalau
kemudian manusia menggunakan penemuan-penemuannya itu guna meningkatkan taraf
hidupnya.
Kemajuan
teknologi secara umum telah banyak dinikmati oleh masyarakat luas dengan cara yang
belum pernah dirasakan bahkan oleh para raja dahulu kala. Namun, Kebanyakan
manusia di dunia kini hanya mengingat kesenangan hidupnya lupa kepada Tuhannya.
Ia mengira bahwa dunia ini adalah segalanya tak ada kelanjutannya dan tak ada
kehidupan kecuali di dunia saja. Benar bahwa agama Islam tidak menghambat
kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga tidak anti terhadap barang-barang
produk teknologi baik di zaman lampau di masa sekarang maupun di waktu-waktu
yang akan datang.
Demikian pula
ajaran Islam, ia tidak akan bertentangan dengan teori-teori pemikiran modern
yang teratur dan lurus dan analisa-analisa yang teliti dan obyekitf. Dalam
pandangan Islam menurut hukum asalnya segala sesuatu itu adalah mubah termasuk
segala apa yang disajikan oleh berbagai peradaban baik yang lama ataupun yang
baru. Semua itu sebagaimana diajarkan oleh Islam tidak ada yang hukumnya haram
kecuali jika terdapat nash atau dalil yang tegas dan pasti mengherankannya.
Bukankah Alquran
sendiri telah menegaskan bahwa agama Islam bukanlah agama yang sempit? Allah
SWT telah berfirman yang artinya “Di sekali-kali tidak menjadikan kamu dalam
agama suatu kesempitan.” . Adapun peradaban modern yang begitu luas
memasyarakatkan produk-produk teknologi canggih seperti televisi, video,
alat-alat komunikasi dan barang-barang mewah lainnya serta menawarkan aneka
jenis hiburan bagi tiap orang tua, muda, atau anak-anak yang tentunya alat-alat
itu tidak bertanggung jawab atas apa yg diakibatkannya. Tetapi di atas pundak
manusianyalah terletak semua tanggung jawab itu. Sebab adanya berbagai media
informasi dan alat-alat canggih yang dimiliki dunia saat ini dapat berbuat apa
saja kiranya faktor manusianyalah yang menentukan opersionalnya. Adakalanya
menjadi manfaat yaitu manakala manusia menggunakan dengan baik dan tepat.
Tetapi dapat pula mendatangkan dosa dan malapetaka manakala manusia
menggunakannya untuk mengumbar hawa nafsu dan kesenangan semata.
REFERENSI
Drs.
Akmal Hawi. Kapita Selekta Pendidikan Islam. IAIN Raden Fatah Press. h.141
Drs. Hasbullah. Kapita Selekta Pendidikan Islam. 1996 PT Raja Grafindo Persada: jakarta. h. 17
Drs. Hasbullah. Kapita Selekta Pendidikan Islam. 1996 PT Raja Grafindo Persada: jakarta. h. 17
Amir, Mafri. Etika Komunikasi Massa dalam Pandangan Islam.
Jakarta: Logos, 1999.
Arifin, Anwar. Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas.
Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1995.
Departemen Agama RI., Alquran dan Terjemahnya. Semarang:
Toha Putra, 1989.
Fisher, B. Aubrey. Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Remaja
Rosda Karya, 1986.
Ghani, Zulkiple Abd. Islam, Komunikasi dan Teknologi Maklumat.
Kuala Lumpur: Utusan Publications & Dist
Hussain, Mohd. Yusof, et.al. Dua Puluh Lima Soal Jawab Mengenai
Komunikasi Islam. Jabatan Komunikasi Pembangunan, Pusat Pengembangan dan
Pendidikan Lanjutan, University Pertanian Malaysia, 1990.
Sardar, Ziauddin. Tantangan Dunia Islam Abad 21,
diterjemahkan dari judul aslinya “Information and the Muslim World: A Strategy
for the Twenty-first Century”, oleh A.E. Priyono dan Ilyas Hasan. Bandung:
Mizan, 1989.
Sophiaan, Ainur Rofiq. Tantangan Media Informasi Islam, Antara
Profesionalisme dan Dominasi Zionis. Surabaya: Risalah Gusti, 1993.
Tehranian, Majid. “Communication Theory and Islamic Perspective”,
dalam Wimal Dissanayake (ed.), Communication Theory: The Asian Perspective.
Singapore: Mass Communication Research and Information Centre, 1988.
Sumber Diadaptasi dari Khutbah Cendekiawan
Menjembatani Kesenjangan Intelektualitas Umat Drs. Achmad Suyuti Al-Islam -
Pusat Informasi dan Komunikasi Islam Indonesia
http://abdulsalamserbakomunikasi.blogspot.com/2010/03/teori-komunikasi-islam.html
QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE