ONLINE PR
Perkembangan Public Relations baik sebagai ilmu maupun profesi tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi komunikasi. Pengaruh teknolog komunikasi terhadap PR dapat berbentuk sebagai alat/media PR ataupun bentuk baru dari kegiatan PR, yang memunculkan istilah cyber PR, Net PR, dan nama lain bentuk kegiatan atau bidang kajian PR dalam dunia cyber (dunia maya).
Banyak perusahaan PR membuka media yang diterbitkan mingguan dengan jangkauan luas untuk mengirim pesan secara langsung kepada konsumen dan menanggapi keluhan konsumen. Sejumlah perusahaan membuka situs world wide web (www) yang pertama kali didirikan pada musim semi tahun 1995 oleh Edelmen Public Relations World Wide dan Fleischman-Hillard.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan para praktisi PR dalam menggunakan internet :
Ø  PR harus menyadari bahwa public atau khalayak bisa mengakses semua press release atau news release yang dikirimkan melalui internet atau server.
Ø  Publik dapat mengakses press release dalam home page yang ada di www (bila perusahaan memiliki home page).
Ø  PR dapat membuat mailing list dari publiknya. Mailing list adalah perangkat elektronik yang dapat menyebarkan press release kepada publiknya melalui kontak email.
Keuntungan PR dalam menggunakan internet :
Ø  Informasi cepat sampai pada publik.
Ø  Internet dapat berfungsi sebagai iklan, media, alat marketing, sarana penyebaran informasi dan promosi.
Ø  Siapapun dapat mengakses internet
Ø  Tidak dapat terbatas oleh ruang dan waktu.
Ø  Internet dapat membuka kesempatan melakukan hubungan komunikasi dalam bidang pemasaran secara langsung.
Shel Holtz (1999),dalam bukunya Public Relations On The Net menyebutkan pendekatan strategi PR diantaranya :
Ø  Pertemuan pihak manajemen dengan perwakilan kantor pajak.
Ø  Mengadakan open house untuk menginformasikan program-program perusahaan yang telah mempekerjakan karyawan lokal (komunitas) dengan memiliki keahlian memadai.
Ø  Mengirim press release tentang investasi perusahaan sebagai informasi komunitas (lokal) dan dampaknya terhadap sosial ekonomi mereka.
Ø  Membuat situs web perusahaan untuk membentuk citra di mata publiknya.
Ø  Berpartisipasi dalam kelompok diskusi tertentu dan membicarakan tentang perkembangan dan situasi negara.
Mengukur Efektivitas Kegiatan PR On Line :
Ø  Menghitung jumlah orang yang mengunjungi situs perusahaan dan memberikan informasi rinci mengenai dirinya dalam website tersebut.
Ø  Laporan penjualan bulanan dari pengecer resmi.
Ø  Mengukur tingkah laku khalayak.
Ø  Memantau liputan media.
Ø  Memantau penambah database.